Perkembangan Desain Grafis
diberbagai media
Pada awalnya, media desain grafis
hanya terbatas pada media cetak dwi matra (dua dimensi). Namun, perkembangannya
semakin tidak terbendung, bahkan justru merambah ke dunia multimedia
(diantaranya audio dan video). desain grafis juga diterapkan dalam media
elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain
multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran
tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang
mencakup pengolahan ruang.
Elemen-elemen dalam Desain
Elemen atau unsur merupakan
bagian dari suatu karya desain. Elemen-elemen tersebut saling berhubungan satu
sama lain. Masing-masing memiliki sikap tertentu terhadap yang lain, misalnya
sebuah garis mengandung warna dan juga memiliki style garis yang utuh, yang
terputus-putus, yang memiliki tekstur bentuk, dsb. Elemen-elemen seni visual
tersusun dalam satu bentuk organisasi dasar pronsip-prinsip penyusunan atau
prinsip-prinsip desain. Dalam hal ini, susunan tersebut sering kali dijadikan
dasar pertimbangan atas suatu kritik seni.
Prinsip dan unsur desain
Unsur dalam desain grafis sama
seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut
(termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk
prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan
(balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (”proportion”) dan
kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih
luas.
Beberapa Software Dalam Desain Grafis
Perkembangan software tentunya
akan menghasilkan gambar yang mempunyai nilai seni yang tinggi. Hal ini
tentunya tidak terlepas dari penggunaan software. Ada beberapa software yang
digunakan dalam hal desain grafis antara lain :
- Adobe Photoshop
- Adobe Illustrator
- Adobe After Effect
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- dll
Dalam hal ini, untuk menghasilkan
suatu gambar yang mempunyai nilai seni tinggi tidak sekedar pengguasaan
software itu sendiri tetapi lebih cendrung kepada seni dan kreatifitas serta
imajinasi dalam menuangkan ke dalam gambar tersebut
Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi
dalam Membuat Design Pemodelan Grafis
Pengaruh Kebudayaan
Kebudayaan sangat erat
hubungannya dengan masyarakat karena kebudayaan merupaka sarana hasil karya,
rasa dan cipta masyarakat. Budaya
digunakan sebagai sumber pemikiran untuk mengambangkan suatu desain
grafis. Dalam pengaruhnya dibidang desain grafis dapat kita lihat dalam
pembuatan kerajinan daerah seperti batik.
Pengaruh Teknologi
Dalam hampir dua dekade ini
teknologi komputer telah mempengaruhi perkembangan desain secara umum, dan
desain grafis secara khusus. Secara perlahan dan hampir tidak terbatas,
teknologi yang satu ini mendorong terjadinya banyak perubahan dalam desain
grafis. Bila Anda masih mempunyai majalah, kemasan produk, atau iklan yang
dikeluarkan sekitar enam puluhan, cobalah amati dan bandingkan dengan produk
sejenis yang keluar sekitar dua dasawarsa terakhir, Perubahan telah terjadi di
sana-sini. Sangat jarang kita temui iklan dengan gambar outline dan back ground
satau warna primer seperti yang sering muncul di iklan-iklan cetak enam
puluhan. Halaman-halamn majalah kini menjadi begitu berwarna dengan model,
warna-warna, komposisi yang terasa begitu nyata.
Bidang studi yang berkaitan dengan desain pemodelan grafis
· Psikologi
Psikologi adalah sebuah bidang
ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi
mental manusia secara ilmiah. Para praktisi dalam bidang psikologi disebut para
psikologi. Para psikolog berusaha mempelajari peran fungsi mental dalam
perilaku individu maupun kelompok, selain juga mempelajari tentang proses
fisiologis dan neurobiologis yang mendasari perilaku. Psikologi ini berkaitan
dengan desain grafis contohnya dalam bidang Psikologi warna.
· Ergonomi
Dikonsentrasikan lebih pada aspek
fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik
yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik
komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka antara
manusia dan mesin.
·
Ilmu Bahasa
Ilmu Bahasa Komunikasi
manusia-komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis
bahasa, apakah bahasa itu merupakan ‘bahasa natural’, suatu bahasa barbasis
perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis.
Ilmu Bahasa adalah pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa
komputasi dan bahasa teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan
digunakan secara luas dalam spesifikasi formal dari dialog-dialog
manusia-komputer. Teori komunikasi matematis, seperti halnya Usaha (Shannon,
1948) dan ‘Prinsip Usaha Manusia Terakhir’ (Zipf, 1949), juga menjadi jembatan
antara ilmu bahasa, ilmu komputer dan teknik elektronika.
·
Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini
dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada
struktur lingkungannya.
·
Teknik Elektronika
Ilmu ini menyediakan teknologi
kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer. Karena berbicara mengenai
komputer, khususnya dari sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan
mengenai Teknik Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus
mengerti perangkat lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan.
Bidang teknik elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan
suatu sistem interaksi mausia-komputer.
Manfaat Desain Pemodelan Grafik dalam berbagai Bidang
·
Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan
digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat
melalui power point ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek
ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak
hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat
berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh
manusia,dan sebagainya.
·
Hiburan
Tidak memungkiri pada sekarang
ini semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan grafik komputer.Mulai
dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di
selipi oleh grafik komputer.Grafik komputer disini berupa efek animasi yang
dapat membuat film semakin menarik.
·
Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer
digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan
dibuat.Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain
kendaraan dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad
semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan
yang akan dibuat.Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu
model yang sama seperti aslinya.
·
Budaya
Seperti yang kita tau bahwa
desain pemodelan grafik dapat digunakan dalam berbagai macam hal. Misalnya
seperti dalam hal budaya. Kita dapat melihat desain grafik pada bidang budaya.
Misalnya seperti pahatan batu pada candi-candi di Indonesia, desain gambar pada
batik. Pada pahatan batu yang terdapat dicandi biasanya merupakan gambar-gambar
tentang kehidupan orang-orang pada jaman tersebut. Bisa juga dibalik gambar
pahatan(relif) tersebut berkisah tentang sejarah-sejarah. Sedangkan batik
merupakan seni orang Indonesia dalam hal kerajinan membatik. Gambarnya saja
berbagai macam rupa. Dari gambar binatang dan tanaman sampai akhirnya sekarang
berkembang menjadi gambar bentuk orang, awan, relif, dan banyak gambar lainnya
lagi. Jadi dapat disimpulkan bahwa desain pemodelan grafik pada bidang budaya
berguna sebagai penggambaran sejarah dan nilai seni dalam budaya tersebut.
·
Teknologi
Desain grafis, seperti disiplin
ilmu lainnya, terkait dengan teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi
mempengaruhi bagaimana desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi
perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada
gilirannya tercermin dalam bentuk desain. Teknologi juga menawarkan desainer
berbagai media untuk proyek-proyek mereka.
Peranan Desain Pemodelan Grafik
Dalam Interaksi Manusia Dengan Komputer
Peranan desain
pemodelan grafik sangatlah penting dalam interkasi manusia dengan komputer atau
dalam istilah bahasa asingnya adalah Human Computer Interaction (HCI) dimana
fungsi pemodelan grafik adalah membuat sesuatu yang dapat mempermudah pengguna
atau user baik dalam menjalankan suatu program agar mudah dimengerti atau
membuat sesuatu yang mudah di sentuh, enak dilihat dan mudah digunakan dan
sesuai atau efisien.
Dalam mewujudkan
suatu pemodelan grafik yang benar-benar efisien tidaklah mudah, disini harus
adanya sinkronisasi dalam proses interaksi manusia dengan komputer dimana
disini manusia sebagai pengendali proses yang ada di komputer dan komputer pun
harus mendapatkan cara komunikasi elektronik agar dapat sinkron dengan user
maka dari itu di bagilah beberapa bagian-bagian metode yang di gunakan untuk
prosesnya antara lain :
- Ergonomi, hubungan manusia dengan mesin/komputer dimana interaksi tersebut dapat berupa bentuk fisik
- Faktor manusia, disini manusia berpihak sebagai user dimana tugas dari user adalah sebagai pemerintah untuk prosesnya suatu sistem kerja pada computer
- Interaksi antar manusia dan komputer, yah seperti yang dijelaskan diatas disini harus terdapat sinkronisasi antara manusia dengan komputer.
- Kemampuan estetika dari desain grafis adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk menjadi media baru yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan. Jelasnya, tidak ada individu dapat diharapkan mempunyai pelatihan formal di semua bidang tersebut, walaupun permintaan cukup tinggi untuk orang dengan latar belakang multidisipliner, gabungan kemampuan sistem komputer dengan beberapa keahlian ilmu manusia. Suatu alternatif yang lebih realistis adalah untuk menuju ke suatu kesadaran akan tingkat pemahaman menyeluruh dari subjek bidang-bidang yang relevan, mungkin dikombinasikan dengan ilmu yang khusus dalam satu bidang atau lebih. Tingkat kesadaran dari ilmu pengetahuan adalah esensi khusus untuk insinyur dan ilmuwan komputer, yang secara mendasar diharapkan mendesain antarmuka pengguna-sistem sebagai bagian dari sistem proses desain secara menyeluruh.Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).
Untuk membuat antarmuka yang baik dibutuhkan pemahaman beberapa bidang
ilmu, antara lain :
1.
Teknik
elektronika & ilmu computer
memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem
HCI
2. Psikologi
memahami sifat & kebiasaan, persepsi &
pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna
3. Perancangan grafis dan tipografi
sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata.
Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia &
komputer
4. Ergonomik
berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan
lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi kerja, layar
tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat
kerja
5. Antropologi
ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu
pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat
memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya
6. Linguistik
merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa.
Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu
bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah
7. Sosiologi
studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam
struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar